Monday 12 January 2015

Kampas kopling WRX di Suzuki Inazuma GW250

Setelah per kopling di ganti dari jaman dahulu kala, akhirnya kesampean dapet kampas kopling racing berlabel WRX buat Suzuki Inazuma.





Gak sabar buat ngerasain bedanya, akhirnya sabtu meluncur ke tempat temen untuk melakukan pemasangan kampas kopling ini.

1 pak yang berisi 5 lembar ini ditebus dengan harga 400rb rupiah. Yah masih lebih murah dari kampas kopling original yang mencapai 200rb per lembar. Atau bisa pakai punya sodara kandungnya Thunder 250, soal harga sih mirip2 sama WRX.

Sebelumnya saya sudah mengganti per kopling dengan buatan Sapto yang lebih panjang, jadi lebih ngegigit.



Dibawah ini adalah perbedaan kampas kopling Inazuma dan WRX.

1. Pelat WRX lebih tipis dari plat Ori Inazuma. (gambar 1)
2. Tonjolan keluar di kampas kopling (gak tau apa namanya) lebih kecil daripada punya Ori Suzuki Inazuma. (gambar 2)
3. Penampang kopling WRX lebih lebar dari Ori Inazuma. (gambar 3)

 Gambar 1

 Gambar 2

Gambar 3

Karena ketebalan plat WRX lebih tipis, otomatis si per kopling akan lebih masuk, sehingga lebih enteng. Disinilah menurut saya menjadi sebuah KEHARUSAN untuk mengganti per kopling yang lebih keras / lebih panjang.

Setelah beres dipasang, dicoba perbedaannya...ketika perpindahan gigi di rpm tinggi, memang terasa jepitannya. Tuas kopling pun tidak terasa berat. Mungkin karena posisi per yang lebih masuk yang diakibatkan oleh ketebelan plat yang lebih tipis.

Kesimpulannya :

1. Penggantian kampas kopling dengan produk WRX memberikan jepitan yang lebih.
2. Penggantian kampas kopling ini sebaiknya dibarengi oleh penggantian per kopling yang lebih panjang / keras.

Dengan adanya perbedaan dimensi antara kampas kopling Ori Inazuma dan WRX, saya sendiri masih mencoba apakah ada dampak negatifnya atau tidak. Durability pun masih dites. Saya mengganti kampas kopling di KM 12.600.

Salam,

AKG

5 comments:

  1. Gimana skrng Pak? Inazumanya sekian bulan dah pakai WRX?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin sempat ganti dengan kampas kopling Thunder 250 di km 18rb dibikin 6 pelat..kampas WRXnya masih bagus..saya ganti cuma karena pengen coba 6 pelat.. :)

      Delete
    2. Bro, klo udah ganti kampas sama per kopling ny gimana, masih suka ada bunyi bletak nggak pas perpindahan gigi, klo yang ori punya saya suka bunyi bletak gitu... thanks...

      Delete
    3. kalo bunyi bletaknya keras pas mesin baru nyala banget, biasa sirkulasi oli belum merata..
      kalo bunyi bletaknya enggak keras, itu wajar karena mesin cc gede..

      Delete
  2. gimana cara pasang 6 plat ?

    ReplyDelete