Tuesday 27 December 2016

REVIEW SINGKAT : Yamaha NMAX + Battlax SC

Yes, sudah setahun lebih Yamaha Nmax saya menggunakan ban standarnya. Enak? Lumayan enak koq, gak selicin ban bawaan motor Inazuma saya.

Pas kemaren lagi ngecek ban, eh ternyata udah kena TWI (Tyre Wear Indicator) jadilah saya berburu ban alternatif untuk Nmax saya.

Gejala ban sudah minta diganti uda muncul sebulan belakangan ini, cuma karena saya belum liat kondisi ban belakang, akhirnya saya santai2 aja..

Gejala yang timbul dari ban yang minta diganti yang saya rasakan itu :
- Ketika berada di marka jalan, motor ngerasa ngegeleong atau agak goyang
- Kebetulan Nmax saya ABS, ketika rem mendadak gampang banget ABS bekerja.

Pilihannya ada antara Pirelli atau Battlax, ya memang harga Pirelli dan nama besarnya bikin mupeng..tapi karena sehari2 saya buat boncengan, agak2 ragu juga untuk mileage Pirelli ini.

Akhirnya memantapkan diri untuk ambil Battlax yang gak pernah bikin saya kecewa.





Selesai pasang, pas mau pulang hujan besar di Jalan Panjang, wah kebetulan..langsung gas pulang kerumah, dijalan sempet coba hard braking dalam kecepatan 60km/h kurang lebih, rasanya memang mantap. ABS tidak bekerja, tapi laju motor berkurang signifikan. Dimana saya mengartikan ban menempel dengan baik tanpa ada gejala sliding.

Saya pakai ban depan 120/70 dan belakang 140/70, handling memang berasa lebih berat ketika nikung, tapi enaknya tetap stabil di tikungan tidak ada gejala ngebuang, pokoknya pede abis ketika basah2an.

Sekali lagi, ban ini tidak mengecewakan saya.

Buat yang bannya sudah mulai botak / habis, jangan ragu buat ganti ban dengan ban yang benar. BAN, REM dan SHOCK adalah investasi untuk keselamatan anda (tentunya cara berkendara juga menentukan)

Regards,

Pistonfork

3 comments:

  1. Nice review Gan, emang lagi sedikit galau mo ganti pake pireli atau battlax & pilihan akhir ke battlax juga :)
    Thanks.

    ReplyDelete
  2. Koq sama ya, saya dilema sama pirelli angel scooter vs batlax sc.. Sya cenderung ke batlax meskipun harga mahl dikit

    ReplyDelete
  3. Pirelli emang lebih mantap karena pake soft compound gan tapi ya itu mungkin harganya, mungkin kalo dipake harian akan lebih cepet aus

    ReplyDelete