Wednesday 24 December 2014

Meninggikan shock motor Suzuki Inazuma GW250

Sebenernya sudah cukup lama mau ninggiin motor ini, berawal dari yang kalau boncengan selalu gesrut, akhirnya kepikiran buat ninggiin motor. Googling2..tanya sana sini..akhirnya Sabtu kemarin beli peninggi sok belakang Jupiter MX.





Kemarin pas lagi berhalangan kerja, akhirnya pegi deh ke bengkel temen, tanya2, akhirnya dicoba dipasang. Ukur sana sini, akhirnya diputkan peninggi shock belakang dipasang dibagian atas shock. dengan ada bagian yang di gerinda. Perhatikan yang dilingkari merah.

Pembongkaran pun dimulai..ternyata masangnya ga semudah yang dikira..karena ruang gerak nya sempit.

Ini penampakan waktu mau di bongkar

Ini setelah di bongkar. Ban belakang turun kurang lebih 2 cm.

Standar tengah masih dipakai, karena saya pakai ban profil 60. Meskipun jaraknya tipis, paling tidak kalau nyuci sama nge-oli-in rantai masih bisa.


Saya masih ngetes kekuatan pelat 3mm ini, Sementara saya sudah pakai selama 2 hari tidak ada kendala.

Kemarin saya coba riding, bawa ke kantor, posisinya teralu nungging, jadi kaya anak alay yang motornya nungging..agak gak nyaman karena bikin pegel..kaya bawa motor street fighter saja. Akhirnya sore2 saya putuskan untuk meninggikan shock depan motor saya. Engga banyak jadi ga usah pasang peninggi shock depan.

Setelah shock depan ditinggikan

Riding impressionnya sih kaya motor normal. Cuma memang posisi motor sudah lebih tinggi. Oh iya, setelan shock belakang yang semula sudah sampai 6, akhirnya saya geser lagi ke 4, masih cukup keras akhirnya saya geser ke 3. 

Gejala goyang2 yang saya khawatirkan engga muncul, mungkin karena posisi shock belakang yang lebih miring beberapa derajat.


Bagaimana dengan saya yang doyan cornering?
Jujur saya belum bisa berkata banyak, saya belum mencoba cornering dengan speed tinggi.
Kalau hanya belok biasa, saya merasakan reboundnya tidak secepat sebelum ditinggikan, mungkin karena posisi shock yang sekarang lebih miring.

Bagaimana kekuatan pelat untuk boncengan?
Saya belum sempat tes beban, kalau memang tidak kuat mungkin saya akan lapis 2 atau 3 buah peninggi shock belakangnya.

Catatan :
Meninggikan shock belakang ini saya kurang rekomendasikan untuk yang tingginya 175cm kebawah **kayanya segitu** karena saya sendiri 188cm dan posisi kaki sudah pas.

Berat rider 105kg..kalau tambah boncengan 55kg..kalau lewat polisi tidur suka gesrut..Nanti saya akan update tes boncengan dan corneringnya.

Salam,

AKG

13 comments:

  1. Thanks sharingnya masbro.. cukup membantu, ijum ane rencananya jg mau tak tinggiin, postur saya TB:180cm BB:74kg.
    Sampai saat ini bagaimana kekuatan peninggi shock Jupiter MX msh bertahan kah? Oya< mau tanya satu lagi, itu spakbor belakang dipotong pake apa biar hasilnya bagus?

    ReplyDelete
  2. Sampai saat ini masih terpasang di motor saya..

    Spakbor belakang dipotong pakai gergaji pipa. di gambar aja dulu pakai spidol mau dipotong seperti apa, baru deh pelan2 dipotongnya..soalnya bahannya lunak, jadi suka keluar jalur..

    Kalau sudah dipotong, tinggal dialusin pakai amplas di bekas potongannya.

    ReplyDelete
  3. Saya juga ingin neninggikan shok belakang boss...terimakasih atas artikel ini.Mungkin saya harus mencoba juga referensi ini.karena tinggi saya juga sekitar 180 cm.

    ReplyDelete
  4. Saya juga ingin neninggikan shok belakang boss...terimakasih atas artikel ini.Mungkin saya harus mencoba juga referensi ini.karena tinggi saya juga sekitar 180 cm.

    ReplyDelete
  5. Mazbro, ninggiin shock depannya gimana? Sharing dong, apa selang rem juga diganti?

    ReplyDelete
  6. Waktu itu saya cuma naikin shock depan setengah cm aja, engga perlu ganti selang rem.

    Kalau mau extrim bisa pesen ke tukang bubut untuk sambungan as shock depan supaya bisa lebih tinggi lg. Tapi selang rem mutlak ganti..

    ReplyDelete
  7. Waktu itu saya cuma naikin shock depan setengah cm aja, engga perlu ganti selang rem.

    Kalau mau extrim bisa pesen ke tukang bubut untuk sambungan as shock depan supaya bisa lebih tinggi lg. Tapi selang rem mutlak ganti..

    ReplyDelete
  8. Ooh kirain shock depan dipakein extension. Tengkyu..

    ReplyDelete
  9. Ooh kirain shock depan dipakein extension. Tengkyu..

    ReplyDelete
  10. Sampai saat ini bagaimana kekuatan peninggi shock Jupiter MX msh bertahan kah?dah setaun yah, kalo boncengan sering ga?

    ReplyDelete
  11. Lah kalo cara merendahkan bagaimana broo supaya gk jinjit, tinggi saya cuma 168 tuh ?

    ReplyDelete
  12. Saya juga sudah ikutan ninggiin Shock blkg,namun kyknya kok hasilnya tinggi sekali ya,..prediksi naik 5-6 cm.
    Kesannya ala Ducati Street Fighter...wkwkwk.
    Sayang kalo di pake nikung kayak ngebanting pdhl saya pake ban blkg ukuran 190/55/17 ..Depan 120/70/7.
    Inazuma kalo nggak di tinggiin kelihatan rendah banget n panjang.

    ReplyDelete