Wednesday 9 September 2015

FOTOGRAFI : Lensa apa aja yang saya butuhkan sebagai pemula?

Pertanyaan ini paling banyak saya dapatkan ketika bertemu dengan teman2 yang baru saja membeli kamera atau belajar fotografi.

Pertanyaan ini sebenernya dulu pernah saya tanyakan ke dalam diri saya sendiri, apa aja sih yang saya butuhkan? Lensa apa aja? Flash yang seperti apa? Aksesoris yang seperti apa yang harus saya beli?

Ada banyaknya macam merk, harga, tipe dan penjual kadang bikin kita bingung mau beli yang mana, beli dimana. Di artikel ini saya akan bahas tentang lensa yang biasanya dibutuhkan para fotografi pemula.




Berdasarkan pengalaman saya, ketika kita memulai untuk belajar fotografi, kita akan cenderung membeli kamera dengan lensa kit 18-55. Lensa ini bisa dibilang sangat berguna untuk kita belajar fotografi.

Biasanya disini kita masih bingung apa yang kita ingin tekuni, apakah landscape fotografi, macro? modelling? birding?

Menurut saya pribadi, kita membutuhkan 3 lensa diawal, yaitu 18-55, 50 f/1.8 atau 35 f/1.8 dan tele. Tele disini banyak variasinya dimulai dari 55-200, 55-250, 55-300, 70-300, dll. Saya disini akan membahas budget lensa (saya namakan begitu) karena lensa yang tidak teralu mahal.

Lensa 18-55 bisa kita gunakan sebagai lensa sehari2, bisa kita gunakan untuk landscape, macro (meskipun tidak bisa teralu close up) dan juga portrait (di FL 55mm)



Lensa 50 f/1.8 atau 35 f/1.8 kita butuhkan ketika kita membutuhkan bukaan (aperture besar) untuk low light (malem, dalam ruangan, dll) atau ketika kita ingin bermain dengan bokeh.



Lensa tele kita butuhkan ketika kita ingin mengambil objek yang jauh. Lensa ini tidak selalu dibutuhkan, tapi kadang kalau lagi travelling kita membutuhkan lensa ini.



Yang terpenting adalah kreativitas kita, jangan sampai hanya karena lensa, kita jadi tidak bisa berkreasi. Saya memiliki teman yang hasil fotonya cukup bagus, bahkan bagus banget hanya menggunakan lensa kit 18-55. Dia cukup kreatif dalam komposisi. Bertahun-tahun lensa itu menemani dia di dunia fotografi.

Salam,

AKG

No comments:

Post a Comment