Wednesday 22 July 2015

MODIFIKASI INAZUMA : Filter udara K&N di Suzuki Inazuma

Akhirnya setelah penantian panjang untuk mendapatkan filter udara ini, akhirnya hari terakhir kerja kemarin filter ini sampai di meja saya.


Yup, sebuah filter udara yang tidak ditemukan di Indonesia, saya bahkan harus order dari US untuk mendapatkan fitler ini. Karena udah engga sabar pengen ngerasain performa dari filter udara yang mahal ini, akhirnya pulang kerja langsung saya bongkar motor.


Proses pemasangannya tidak perlu merubah apapun karena memang khusus untuk Suzuki Inazuma. Sebelumnya saya sudah memakai filter udara JFC, yang menurut saya memang ada perubahan dibanding dengan filter udara ori. Filter JFC sendiri menggunakan kain sebagai bahannya, berbeda dengan filter udara original yang berbahan kertas.

Ketika saya melepas filter udara JFC, saya penasaran apa sih yang membuat K&N ini berbeda? Sepintas ketika dihadapkan ke lampu, sama2 saja..tidak signifikan perbedaannya. Tidak lebih renggang, tidak juga lebih rapat. Ah..peduli ah..saya langsung pasang saja filter K&N.

Karena hari sudah malam, saya tidak langsung tes motor, kebetulan keesokan harinya saya memang sudah ada rencana untuk riding ke Alam Sutera. Jadi pas lah momennya buat ngebejek motor. Tidur pun jadi gelisah karena penasaran seperti apa sih filter yang harganya diatas 1jt ini.

Keesokan paginya, langsung deh saya panasin motor dan jalan ke Alam Sutera dengan beberapa teman. Rasanya sih ini filter memang luar biasa, peningkatan torsinya berasa sangat signifikan dibandingkan dengan filter JFC, apalagi dibandingkan dengan ori. Motor terasa lebih ringan dalam berakselerasi.

Kesimpulan singkat menggunakan filter udara ini adalah :
- Peningkatan tenaga cukup signifikan
- Motor terasa lebih ringan dalam berakselerasi
- Napas motor lebih panjang, tenaga dibawah dan diatas tetap ngisi.

Keunggulan lainnya dari filter ini menurut saya adalah selain tahan lama, kita bisa membersihkan filter ini sendiri. Tinggal beli cleaning kitnya (Recharger) K&N saja dan bisa dilakukan sendiri dirumah. Seperti yang kita tahu, servis motor injeksi di bengkel resmi hanya sebatas ngebersihin filter udara saja.


Kebetulan saya masukin filter ini ada 3 unit, 1 titipan teman saya yang dia juga sudah pasang dimotornya, dan memberikan kesan yang sama dengan saya tentang filter ini. Yang 1 lagi sih masih ada di rumah karena yang pesen batal.

Singkat kata filter ini worth to buy.

Salam,

Arvin Karyadi

9 comments:

  1. Karena populasi motornya dianggap sangat kurang, jadi para pemain aksesoris gak ada yg masukin nih filter, untung bisa ikut ngerasain K&N nya berkat juragan AK

    ReplyDelete
  2. Tinggal harganya aja nih yg bikin kurang sreg,,, yg untuk mobil Suzuki Karimun aja hargnya hampir 7 kalinya harga filter udara ori(SGP) :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya..tapi daya tahan + performancenya akhirnya bisa bikin mata merem sedikit deh :) plus kemudahan buat ngebersihinnya..

      Delete
    2. Kalau cleaning kit-nya berapa Bos harganya?

      Delete
    3. Terakhir beli harganya 250rb bro..

      Delete
  3. Bagus bos infonya, tapi beneran nih memang harus sampai order dari US langsung? Untuk filter udara K&N sekarang sudah dapat ditemukan dengan mengorder dari website kami, silahkan dikunjungi langsung http://filterudara.id/ harga kompetitif, kualitas terjamin, dan melayani pengirima ke luar kota juga!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup..saya uda cari di Indonesia engga ada yang punya. Apakah anda punya filter udara untuk Suzuki Inazuma?

      Delete
  4. masih adakah filternya gan?

    ReplyDelete