Friday 24 July 2015

MODIFIKASI INAZUMA : Penggunaan setang jepit racing di Inazuma GW250

Sebenernya sudah lama sih dapat ini stang jepit hibahan dari temen. Cuma menjelang libur lebaran kemarin baru sempet dipasang berhubung pas liburan pasti bakalan lebih sering solo riding tanpa boncengan.

Ukuran stang jepitnya sih sama kaya Ninja 250 dan CBR 250, yaitu 37mm. Pemasangannya pun sebenernya engga sulit, sama kaya masang di motor lain, yang sulit mungkin niatnya yah. Karena ada penyesuaian di lubang2 buat switch kiri kanan saja.


First impression riding pakai ini setang sih jauh lebih nunduk..sepintas berasa jadi alay yang pake setang jepit nunduk2an..hahahahaha..tapi ya sudahlah, karena saya pencinta cornering pengen ngerasain sih apa bedanya.

Besok paginya langsung tes drive ke Alam Sutera, untuk riding sendiri tanpa boncengan sih tidak ada masalah. Posisi badan lebih nunduk, lebih mudah nundukin badan ketika gas pol. Ketika nikung, memang lebih pede sih nikungnya. Ngontrol motor ketika nikung dan straight yang berkecepatan tinggi lebih mudah.


Ini tampak sampingnya..keliatan kan bedanya. Cukup jauh sih bedanya..turun sekitar 4-5cm dan maju sekitar 3-4cm-an kira2..

Keunggulan menggunakan stang jepit racing seperti ini adalah :
- Untuk cornering lebih enak
- Untuk straight juga enak ketika kita harus nunduk (dibandingkan setang jepit standar Inazuma yang tinggi dan kebelakang
- Saya merasa respon lebih baik ketika hard braking.

Kekurangannya antara lain :
- Badan cepat pegal (punduk, punggung)
- Bahan stang jepit yang alumunium biasanya kurang tahan lama
(kecuali beli yang bagus materialnya, tapi cukup mahal harganya. Karena iseng mau coba2 yah pakai yang ada dulu deh.
- Resiko baut dol/kendor sangat besar. Saya riding bawa kunci L untuk jaga2 kalau2 bautnya dol meskipun engga pernah kejadian juga.

Beres libur lebaran yah saya ganti lagi pakai stang ori Inazuma. Berasa aneh sih di awal karena posisi riding jadi tegak lagi. Tapi lebih nyaman ketika boncengan karena yang belakang duduknya engga perlu nunduk.

Setang ini sih boleh dipakai kalau memang mau cornering dan/atau nyicipin sirkuit..dijamin ketagihan deh...sayang footstep standar Inazuma kurang naik dan kebelakang, jadi cenderung mentok footstep kalau teralu miring.

Tapi mudah2an project bikin footstep racing buat Inazuma saya berjalan lancar nih. Nanti pasti akan saya share lagi di blog ini.

BTW..tujuan bikin footstep ini sih sbnernya alternatif saja. Siapa tau ada yang crash / rusak / bengkok..karena footstep ori Inazuma tergolong sangat mahal sih.

Regards,

AKG

2 comments:

  1. Ahhh alayyyy...pake stang jepit....lebih ngempit ketek dong stang jepitnyaah

    ReplyDelete
  2. badannya kegedean om....ngempit ketek doank kurang greget....

    ReplyDelete