Wednesday 1 February 2017

REVIEW : Dainese New Drake Air Pants

Hi Bro and Sis,

Ketemu lagi di artikel apparel kita, dan minggu ini saya akan membahas celana Dainese New Drake Air Textile Pants.



Celana riding mungkin bagi saya adalah perlengkapan terakhir yang saya perlu beli, entah kenapa dari zaman pertama kali naik Yamaha Vega di SMA celana riding itu adalah hal terakhir yang terpikir. Urutan perlengkapan di mindset saya seperti ini kira-kira :

  • Helm (harus fullface! Kecuali zaman naik motor custom)
  • Jaket
  • Sarung tangan + Sepatu (satu paket)
  • Protektor
  • Celana (???)



Kenapa ya… mungkin alasan pribadi saya kenapa saya tidak begitu memikirkan celana adalah sebagai berikut :

  • Terasa aneh/berlebihan. Helm, jaket, gloves bisa dilepas atau dititip, sepatu masih bisa mencari yang model safety shoes sehingga masih cocok bila beraktivitas (di mall/restoran/dsb). Sedangkan kalau celana… celana kan tidak mungkin dititip… kalau dititip saya pakai apa? jadi rasanya terasa aneh jika harus masuk mall dengan celana riding (sekarang sudah banyak produsen mengeluarkan jeans riding, solusi yang menarik walau nanti akan saya jelaskan kenapa saya tidak memilih membeli jeans riding).
  • Tidak banyak sosialisasi soal celana riding. Jujur saja jika tidak bergaul dengan biang biang racun apparel, mungkin sampai saat ini saya tidak terpikir untuk memakai celana khusus riding.
  • Adanya protector lokal lepas-pasang. Di Indonesia protector lepas-pasang ini (entah apa nama resminya) menjamur dimana-mana, terutama di kalangan komunitas motor yang perduli dengan safety riding. Protektor siku dan lutut sampai tulang kering ini cukup praktis, hemat dan fungsional sehingga saya merasa tidak perlu untuk membeli celana riding khusus.


Lalu sebenarnya apa yang terjadi sampai akhirnya saya memutuskan membeli celana riding? Lebih ke sisi proteksi dan kenyamanan sebenarnya, berikut beberapa hal yang selama ini sadar atau tak sadar terjadi ketika saya riding hanya dengan celana jeans :

  • Soal proteksi ya jelas ya, bagian ekor, lutut dan tulang kering terekspos tanpa proteksi (bahan jeans bukan bahan yang bisa menyerap impact dengan baik)
  • Soal kenyamanan, riding dalam waktu lama dengan jeans cenderung membuat paha dan betis berkeringat dan lengket.
  • Weather-proof, pastinya jeans tidak tahan air dan cuaca, apabila riding dalam kondisi berubah-ubah pastinya membuat kenyamanan sangat berkurang.
  • Bahan jeans tidak ramah dengan cat body motor (mudah menggores/baret halus)


Mempertimbangkan hal-hal diatas akhirnya saya pun memutuskan membeli celana riding. Celana riding pertama saya sendiri adalah Contin Centaur, menurut saya ini adalah celana yang sangat sangat worth berbanding dengan harga walaupun ada sedikit minor faults (kapan-kapan boleh dibahas nih, paket apparel hemat tapi hebat).

Celana Dainese New Drake Air Textile Pants sendiri saya beli di SuperSic, ukuran 48 warna hitam. Sebenarnya ketika beli ini saya salah pesan tipe (Saya tadinya maunya Drake Super Air, salah ketik pesanan hehehehe....) pas sampai barangnya baru sadar tapi tidak apa-apa deh toh sama sama Dainese (kemakan merk).


Oke, first impression dari celana ini adalah “aroma dainese” nya agak kurang... logo tulisan dainese hanya ada di bagian paha daerah ventilasi buka tutup dan itupun kecil sekali. Untuk bahan ketika dipegang... wah ini panas nih... bagian meshnya sedikit (Cuma di bagian ventilasi depan) dan bahan celana overall terkesan berat, tebal dan kaku.



Second impression ketika pertama kali dipakai adalah sedikit sulit untuk dipakai, tapi masalah ini bisa diselesaikan dengan menggunakan base layer. Untuk kenyamanan saya akui jauh lebih nyaman daripada Contin Centaur saya, memang sedikit ngepress untuk fittingnya tapi tetapi tetap nyaman. Untuk protektor, ada didaerah lutut sampai tulang kering, untuk bagian belakang hanya busa tebal. Keunggulan extra celana ini adalah apabila anda menggunakan sepatu boots dari dainese (model out- tinggi) celana ini sudah didesain untuk pas dan cocok fittingnya untuk masuk kedalam boots dainese tanpa kendala.



Jadi apa yang membedakan New Drake Air dengan Drake Super Air ? Kalau bagi saya sendiri sih, saya akan bagi 2 poin utama :

  • Drake Super Air adalah summer pants sedangkan New Drake Air adalah 2-3 seasons pants, ini bisa dilihat dari jumlah mesh yang banyak di Drake Super Air, bandingkan dengan New Drake Air yang hanya punya 2 mesh liner kecil dipaha. Secara bahan Drake Super Air juga lebih tebal
  • Drake Super Air di design dengan lebih sporty, sedang New Drake Air lebih minimalis.


Keunggulan utama dari New Drake Air ini adalah kemampuan weather-proofnya, saya sudah beberapa kali riding dengan celana ini dalam keadaan hujan baik gerimis maupun deras, tanpa air yang tembus ke kulit secara berlebihan dan masih sangat sangat acceptable (apabila cuma gerimis maka air tidak akan menembus).

Kelemahan utama dari New Drake Air ini bagi saya lebih ke soal model fitting, modelnya entah kenapa di bagian paha sangat ngepress (secara kenyamanan tidak terasa sempit tapi secara tampilan terlihat sempit) sehingga terkadang modelnya agak aneh di badan saya secara keseluruhan IMHO. Kelemahan lain adalah memakai celana ini saya wajib memakai inner layer, jika tidak bahan terasa panas dan kaku.

Summary Score (in scale of 10)

Design//Desain (5/10) -> biasa saja, low profile
Comfort//Kenyamanan (7.5/10) -> nyaman dengan inner layer
Safety//Proteksi (8/10) -> bahan tebal, protektor
Practicality//Praktikalitas (9/10) -> 1 pants for all
RidingDAY//PerformaSiang (6/10) -> bahan sedikit membuat gerah
RidingNIGHT//PerformaMalam (9/10) -> cocok untuk night ride
Value//NilaiBerbandingHarga (8/10) -> 1 pants for all
WOWfactor//factorWOW (6/10) -> standar

Average Score = 7.3

Kesimpulan dari saya, celana ini cocok bagi mereka yang suka touring diatas motor dikarenakan performanya baik siang/malam/panas/dingin, dan cocok juga bagi mereka yang tidak mau ribet beli 1 celana bisa untuk segala kondisi, karena modelnya yang low profile dan tidak terlalu “power rangers”.

Celana ini tidak cocok bagi mereka yang lebih banyak city riding, dikarenakan lebih baik mengambil celana yang lebih ke arah summer pants.

Semoga bermanfaat

Verka

























2 comments:

  1. Mau dijual gak gan celananya?hehe..😅

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete