Monday 30 January 2017

SHARE : Modus penipuan rekening Ponsel Mandiri

Mau share sedikit cerita temen yang hampir kena modus penipuan yang menggunakan rekening ponsel Mandiri.

"Sekedar informasi penipuan entah model lama atau baru.

Jadi beberapa hari lalu saya posting di oelex dan kaskhus mau jual go pro 5 Brand New saya yang skrg masih ada, siapatau ada yg minat beli? :p

Kemudian subuhnya ada yg waslap mau beli dan nego cuma 100rb. Oke banget donk saya kasih deh. Pdhl nego lebih jg saya msh oke jg *mungkin : *mulai curiga


Kemudian dengan mudahnya dia transf dan bilang pembayaran via rekening ponsel mandiri sampai dia pun kirim foto transaksinya yang tampak hasil editan sotosop.

Saya cek belum masuk lalu saya konfirmasi ke dia. Dia bilang saya harus ke atm dulu dan input menggunakan kode OTP dari dia dulu baru bisa dicairkan. *mulai pikir aneh2 dan perasaan belum pernah denger ada cairin duit transferan pake kode OTP..

Dia pun memberikan cara transaksinya menggunakan "metode" nya itu. Mulai bingung karena kok ada pilihan untuk pembayaran? Kan saya yg mau cairin.. kenapa harus bayar lagi? Sudah gitu dia sedikit memaksa untuk cepetan krn kl ga bs kepending dananya. Yakali subuh subuh harus ke ATM...

Untunglah ga bego2 amat dulu pas kuliah jadi bisa nalar juga kalau ini aneh. Makasih mamake bapake udah sekolahin..

Teleponlah kita ke call center mandiri. Dan dijelaskan bahwa itu kemugkinan besar modus penipuan. Saya rekam obrolan itu dan kasi ke dia.. Dia pun pake soksok nanya itu suara siapa bro? Ahhahaha

Untunglah CS mandiri 24 jam.. Kalo engga ya ttp ga percaya jg si saya ahahhaha

Berikut hasil SS percakapan saya dan foto profil yg digunakan pelaku. *entah bener dia atau engga*

Abis ketauan gitu langsung selesai pembicaraannya ga dibales lagi dan diblock kontak saya. Selesai.

Jadi untuk yang masih awam jualan atau baru atau keliatan mudah tertipu, hati2 aja. Jgn sampe kena sama yg beginian ya.. Mgkn aja abis ke atm abis itu dihipnotis ato gmana sampe saldo kita ludes 😂

Tetaplah berhati hati gengs!"

Berikut screenshot dari temen


















Sedikit tips untuk kalian2 yang hobi belanja online yang tidak memungkinkan untuk COD...

- Pilih seller yang rekomended, meskipun ini pun bukan jaminan, tapi paling tidak mengurangi resiko tertipu.
- Boleh dicurigai apabila harga yang tercantum bedanya jauh banget, apalagi kalau disertai iming2 garansi resmi.
- Tidak ada gunana meminta foto KTP / KK/ SIM dan lain sebagainya, kalau seller tersebut di pedalaman atau di kota lain, memangnya kita mau samperin?
- Gunakan rekber yang terpercaya, memang rekber saja bisa kabur.. makanya sekarang ada banyak fasilitas lain.
- Tokopedia dan Bukalapak salah satu media yang sampai saat ini aman untuk dijadikan perantara.
- Kalau seller banyak alasan ini itu, hampir dipastikan seller tersebut berniat untuk nipu.

Buat yang jualan...

- Kalau buyernya udah maksa2 suru ini itu malem2..patut di waspadai.. karena kita kalau malem cenderung waspadanya lebih rendah
- Tunggu sampai dana bener2 masuk ke rekening kalau memang transfer dan kirim2
- KTP, KK, SIM, Bukti transfer itu semua bisa di edit..jadi jangan gampang percaya ya..

Ingat!!!

JANGAN TERGIUR HARGA MURAH!!

Salam,

Pistonfork




2 comments:

  1. Sama ini hampir kejadian mlm ini sama ane, bagua ngga bego2 amet ya. Hati2 modus baru.

    ReplyDelete
  2. Ini kejadian dengan rekening ponsel sudah lumayan banyak kenapa Polisi belum bergerak juga ya???

    ReplyDelete