Monday 23 January 2017

REVIEW : AGV CORSA

Hi Bro and Sis,



Sesuai janji hari ini saya akan membahas AGV Corsa (non R yah) sebelumnya saya mau kasih dulu nih summarynya biar heboh hehehe…



Summary Score (in scale of 10)

  • Design//Desain (10/10) -> its VR46, what can you say? Too bad grafis soleluna sudah sold out
  • Comfort//Kenyamanan (3/10) -> tidak begitu nyaman dipakai oleh saya, saya beri 3 berbanding harga
  • Safety//Proteksi (9/10) -> jujur, saya lebih percaya arai hehehe
  • Practicality//Praktikalitas (5/10) -> tidak ribet, tapi tidak praktis juga, standar bagi saya
  • RidingDAY//PerformaSiang (7.5/10) -> luas jangkauan baik, aliran udara terasa
  • RidingNIGHT//PerformaMalam (7.5/10) -> visor nyaman dipakai di malam hari
  • Value//NilaiBerbandingHarga (7/10) -> for me, its worth every penny, minusnya adalah Made in China (-.-)
  • WOWfactor//factorWOW (11/10) -> WOW…
  • Average Score = 7.5


Let me be straight, jika anda mencari helm dengan performa terbaik ambilah ARAI RX7 hehehehe… mengapa? Berikut alasannya :

  • Helm arai menjamin RX7 yang dipakai pedrosa/crutchlow/hayden adalah SAMA dengan yang kita beli
  • Helm arai tetap bisa menjaga performa keamanan tanpa mengorbankan kenyamanan
  • Spare parts lebih tersebar dan tersedia
  • Better paint job I think
  • Made in Japan


Lho ga apple to apple donk bro!? harusnya dibandingkan dengan Pista GP! Nah ini nih, Pista yang bikin galau, selain harganya juga edan, inilah alasan saya kenapa memilih Corsa ketimbang Pista :
  • Pista mengorbankan kenyamanan demi performa (berisik, bahan inner, praktikalitas)
  • Pista adalah race-helmet, Corsa adalah race-inspired road helmet (IMHO, CMIIW) saya bukan pembalap!
  • Entah mengapa saya tidak yakin kualitas Pista yang dijual sama dengan yang dipakai Rossi, Miller atau Iannone.

Ini cara saya membandingkan :


dibawah ini dari katalog ARAI :


dibawah ini dari katalog AGV:

Silahkan nilai sendiri…paling mudah lihat di bagian ventilasi

So back to topic, perlu diingat bahwa bentuk kepala sangat berpengaruh terhadap kenyamanan helm yang anda pakai, biasanya teman-teman saya membagi tipe kepala menjadi 2, kepala ARAI (cocok ARAI/schuberth/INK/suomy) dan kepala SHOEI (AGV/LS2/dsb).

Saya sendiri memiliki kepala arai (cenderung bulat) dengan lingkar kepala 61,5 cm. Perlu diingat juga bahwa terkadang size yang cocok di kepala itu berbeda-beda tergantung merk dan tipe helm, berikut daftar sizing helm full face untuk saya sebagai panduan untuk anda :

  • AGV K3 – L (racing fit) XL (comfy fit)
  • AGV Corsa – XL (racing fit)
  • ARAI RR5 – L (unfit) XL (comfy fit)
  • ARAI Signet – L (racing git) XL (comfy fit)
  • KYT RC7 – L (racing fit)
  • INK CL5 – L (unfit) XL (comfy fit)
  • MDS – L (unfit)
  • NOLAN N64 – L (racing fit) XL (comfy fit)


AGV Corsa sendiri menurut banyak review adalah versi jalan raya dari AGV pista, sebenarnya model shell pista sendiri digunakan di 3 helm dengan peruntukan yang berbeda, yaitu:

  •  AGV Pista – track/race oriented, helm superpremium dengan fitur untuk balapan
  • AGV Corsa – race-inspired road helmet, helm jalan raya akan tetapi cenderung lebih untuk penggunaan sport
  • AGV GT Veloce – touring road helmet, helm jalan raya

Yang membedakan ke 3 helm ini hanya :

  • Kualitas dan jenis bahan shell (Pista lebih ringan, GT veloce paling berat)
  • Spoiler belakang (GT veloce tidak dilengkapi spoiler belakang)
  • Ventilasi (Pista menggunakan system lepas pasang, Corsa dan GT Veloce menggunakan system buka tutup
  • Bahan inner (Pista, Corsa, dan GT veloce berbeda sesuai peruntukan)


Sebenarnya jika mengikuti logika, saya lebih cocok memakai GT Veloce, dikarenakan posisi riding tegak, dan bukan untuk high-speed riding, akan tetapi harga GT Veloce terlalu terpaut sedikit ketimbang Corsa (waktu itu Cuma 2jt) dan TIDAK ada graphic yang bernuansa Rossi. Review-review yang ada pun menilai GT Veloce terlalu “racing”, berisik dan tidak nyaman untuk sebuah helm turing (ingat DNA nya dari Pista).

Untuk Corsa saya sendiri saya beli di TipTop Proshop Surabaya, dengan graphic VR46. Kenapa ambil VR46? Karena graphic rossi yang lain kosong… sudah nafsu hehehe…

Ps : untuk perbandingan review ini saya akan membandingkan dengan ARAI RR5

Corsa saya hanya pakai untuk riding hobby (weekend/touring), tidak pernah saya pakai harian, kesan pertama memakai Corsa adalah sangat racing fit untuk kepala saya, busa nya terkesan mencekik terutama bagian pipi. Kemudian saya mencoba mencustom fit inner sang helm tetapi sayangnya untuk bagian pipi hanya ada opsi untuk menambah busa (tidak bisa dikurangi), ini sebenarnya saya berasa agak aneh… secara busa pipi Corsa/Pista sudah sangat racing fit, saya tidak bisa membayangkan setirus apa pipi orang yang harus menambah ketebalan busa pipi Corsa. Untuk bagian batok kepala saya set di yang paling lebar agar tidak terlalu mencekik. Untuk balaclava saya harus memakai yang tipis, jika saya memakai balac tipe tebal pasti lebih mencekik lagi.

Untuk ventilasi sendiri, Corsa hanya akan efektif ketika kita melaju dalam kecepatan 60kpj keatas, dibawah itu aliran angin tidak terlalu terasa (jauh lebih efektif RR5) akan tetapi, apabila diatas 80kpj dengan posisi menunduk (tucked in) aliran udara terasa lebih baik daripada RR5.

Untuk kualitas bahan disini sedikit subjektif ya… karena ada embel-embel “made in china” membuat sedikit ragu… jauh lebih percaya kualitas ARAI dengan “made in japan”-nya.

Jadi, pendapat subjektif saya, belilah Corsa jika anda adalah fans Valentino Rossi (atau Jack Miller/Pol/Guy Martin). Jika anda lebih mementingkan kualitas dan kenyamanan… saya lebih merekomendasikan ARAI.


Semoga Bermanfaat

Verka




















1 comment: