Hi Bro and
Sis,
Sesuai
janji hari ini saya akan membahas AGV Corsa (non R yah) sebelumnya saya mau
kasih dulu nih summarynya biar heboh hehehe…
Summary
Score (in scale of 10)
- Design//Desain (10/10) -> its VR46, what can you say? Too bad grafis soleluna sudah sold out
- Comfort//Kenyamanan (3/10) -> tidak begitu nyaman dipakai oleh saya, saya beri 3 berbanding harga
- Safety//Proteksi (9/10) -> jujur, saya lebih percaya arai hehehe
- Practicality//Praktikalitas (5/10) -> tidak ribet, tapi tidak praktis juga, standar bagi saya
- RidingDAY//PerformaSiang (7.5/10) -> luas jangkauan baik, aliran udara terasa
- RidingNIGHT//PerformaMalam (7.5/10) -> visor nyaman dipakai di malam hari
- Value//NilaiBerbandingHarga (7/10) -> for me, its worth every penny, minusnya adalah Made in China (-.-)
- WOWfactor//factorWOW (11/10) -> WOW…
- Average Score = 7.5
Let me be
straight, jika anda mencari helm dengan performa terbaik ambilah ARAI RX7
hehehehe… mengapa? Berikut alasannya :
- Helm arai menjamin RX7 yang dipakai pedrosa/crutchlow/hayden adalah SAMA dengan yang kita beli
- Helm arai tetap bisa menjaga performa keamanan tanpa mengorbankan kenyamanan
- Spare parts lebih tersebar dan tersedia
- Better paint job I think
- Made in Japan
Lho ga
apple to apple donk bro!? harusnya dibandingkan dengan Pista GP! Nah ini nih,
Pista yang bikin galau, selain harganya juga edan, inilah alasan saya kenapa
memilih Corsa ketimbang Pista :
- Pista mengorbankan kenyamanan demi performa (berisik, bahan inner, praktikalitas)
- Pista adalah race-helmet, Corsa adalah race-inspired road helmet (IMHO, CMIIW) saya bukan pembalap!
- Entah mengapa saya tidak yakin kualitas Pista yang dijual sama dengan yang dipakai Rossi, Miller atau Iannone.
Ini cara
saya membandingkan :
Silahkan
nilai sendiri…paling mudah lihat di bagian ventilasi
So back to
topic, perlu diingat bahwa bentuk kepala sangat berpengaruh terhadap kenyamanan
helm yang anda pakai, biasanya teman-teman saya membagi tipe kepala menjadi 2,
kepala ARAI (cocok ARAI/schuberth/INK/suomy) dan kepala SHOEI (AGV/LS2/dsb).
Saya
sendiri memiliki kepala arai (cenderung bulat) dengan lingkar kepala 61,5 cm.
Perlu diingat juga bahwa terkadang size yang cocok di kepala itu berbeda-beda
tergantung merk dan tipe helm, berikut daftar sizing helm full face untuk saya
sebagai panduan untuk anda :
- AGV K3 – L (racing fit) XL (comfy fit)
- AGV Corsa – XL (racing fit)
- ARAI RR5 – L (unfit) XL (comfy fit)
- ARAI Signet – L (racing git) XL (comfy fit)
- KYT RC7 – L (racing fit)
- INK CL5 – L (unfit) XL (comfy fit)
- MDS – L (unfit)
- NOLAN N64 – L (racing fit) XL (comfy fit)
AGV Corsa
sendiri menurut banyak review adalah versi jalan raya dari AGV pista,
sebenarnya model shell pista sendiri digunakan di 3 helm dengan peruntukan yang
berbeda, yaitu:
- AGV Pista – track/race oriented, helm superpremium dengan fitur untuk balapan
- AGV Corsa – race-inspired road helmet, helm jalan raya akan tetapi cenderung lebih untuk penggunaan sport
- AGV GT Veloce – touring road helmet, helm jalan raya
Yang
membedakan ke 3 helm ini hanya :
- Kualitas dan jenis bahan shell (Pista lebih ringan, GT veloce paling berat)
- Spoiler belakang (GT veloce tidak dilengkapi spoiler belakang)
- Ventilasi (Pista menggunakan system lepas pasang, Corsa dan GT Veloce menggunakan system buka tutup
- Bahan inner (Pista, Corsa, dan GT veloce berbeda sesuai peruntukan)
Sebenarnya
jika mengikuti logika, saya lebih cocok memakai GT Veloce, dikarenakan posisi
riding tegak, dan bukan untuk high-speed riding, akan tetapi harga GT Veloce
terlalu terpaut sedikit ketimbang Corsa (waktu itu Cuma 2jt) dan TIDAK ada
graphic yang bernuansa Rossi. Review-review yang ada pun menilai GT Veloce
terlalu “racing”, berisik dan tidak nyaman untuk sebuah helm turing (ingat DNA
nya dari Pista).
Untuk Corsa
saya sendiri saya beli di TipTop Proshop Surabaya, dengan graphic VR46. Kenapa
ambil VR46? Karena graphic rossi yang lain kosong… sudah nafsu hehehe…
Ps : untuk perbandingan review ini saya akan
membandingkan dengan ARAI RR5
Corsa saya
hanya pakai untuk riding hobby (weekend/touring), tidak pernah saya pakai
harian, kesan pertama memakai Corsa adalah sangat racing fit untuk kepala saya,
busa nya terkesan mencekik terutama bagian pipi. Kemudian saya mencoba
mencustom fit inner sang helm tetapi sayangnya untuk bagian pipi hanya ada opsi
untuk menambah busa (tidak bisa dikurangi), ini sebenarnya saya berasa agak
aneh… secara busa pipi Corsa/Pista sudah sangat racing fit, saya tidak bisa
membayangkan setirus apa pipi orang yang harus menambah ketebalan busa pipi
Corsa. Untuk bagian batok kepala saya set di yang paling lebar agar tidak
terlalu mencekik. Untuk balaclava saya harus memakai yang tipis, jika saya
memakai balac tipe tebal pasti lebih mencekik lagi.
Untuk
ventilasi sendiri, Corsa hanya akan efektif ketika kita melaju dalam kecepatan
60kpj keatas, dibawah itu aliran angin tidak terlalu terasa (jauh lebih efektif
RR5) akan tetapi, apabila diatas 80kpj dengan posisi menunduk (tucked in)
aliran udara terasa lebih baik daripada RR5.
Untuk
kualitas bahan disini sedikit subjektif ya… karena ada embel-embel “made in
china” membuat sedikit ragu… jauh lebih percaya kualitas ARAI dengan “made in
japan”-nya.
Jadi,
pendapat subjektif saya, belilah Corsa jika anda adalah fans Valentino Rossi
(atau Jack Miller/Pol/Guy Martin). Jika anda lebih mementingkan kualitas dan
kenyamanan… saya lebih merekomendasikan ARAI.
Semoga
Bermanfaat
Verka
Gak nyesel pilih Arai.
ReplyDelete