Monday 9 November 2015

MODIFIKASI INAZUMA : Penggunaan lampu HID di Suzuki Inazuma

Banyak pengguna Inazuma yang merasa lampu utamanya tidak cukup terang. Dengan perkembangan teknologi, aksesoris penerangan ini pun bertambah banyak. Dahulu kalah cuma tersedia Halogen dan HID, yang kemudian berkembang dengan LED yang lebih hemat watt.

Jaman Thunder 250 dulu, saya pernah merasakan ganti halogen H4 dengan watt yang lebih besar. Tentunya dengan ditambahkan dengan relay supaya aki engga tekor. Belakangan setelah HID mulai turun, saya ganti ke HID.


Saya pun memilih HID 4300 kelvin yang berwarna putih ke kuningan, bukan kenapa2, tapi waktu itu cuma itu yang tersedia..niatnya sih yang 6000 kelvin.

Seperti yang kita ketahui, HID memiliki ballast 35w dan 55w, waktu itu saya pakai yang 35w. Sama seperti lampu halogen H4 standar 55/60w.

Waktu Inazuma ganti lampu HID, saya merasakan sebaran sinarnya tidak sebagus reflektor Thunder 250. Pengguna kendaraan dari lawan arah pun dijamin sakit mata karena silaunya HID saya. Akhirnya saya memutuskan untuk memasang projector supaya sebaran cahayanya lebih merata.

Ketika survey projector, saya menemukan ada banyak sekali macam projector. Mulai dari OEM copotan mobil, sampai variasi yang harus bobok dan tanpa bobok reflektor.

Keunggulan projector OEM tentunya ga perlu diragukan lagi, asli pabrikan, lebih tahan lama, lensa yang bagus. Tapi kekurangannya adalah ga bisa HI/LO..hanya LO saja..alias ga bisa dim. Akhirnya diputuskan pakai yang variasi, tapi wanti2 minta yang bagus. Bobok reflektor ya sudahlah harus di relakan.

Sebelumnya saya menggunakan HID H4 4300k 35w, sedangkan projector menggunakan tipe H1. Waktu itu dapet yang 55w 6000k. Kita bebas pilih warna angel eyes dan demon eyes. Karena ga ada warna orange (seperti warna motor saya, saya pilih kombinasi antara merah dan kuning).

Setelah pemasangan, sesuai seperti yang saya inginkan, pengendara dari lawan arah tidak kesiauan, sebaran cahaya lebih lebar dari sebelumnya.


Salam, 

AKG

2 comments: