Monday 23 November 2015

INFO INAZUMA : Velg Suzuki Inazuma rawan pecah?!?

Suzuki Inazuma, motor yang di release sejak 2012 lalu memiliki dimensi paling besar, paling berat dibanding kompetitor 250cc lainnya. Sayangnya sepertinya velg depan dan belakang motor ini cukup ringkih. Sudah ada beberapa teman pengguna Suzuki Inazuma yang mengalami pecah velg. Dari yang menghantam lubang dan menginjak balok.

Satu teman saya pengguna Inazuma asal Bandung yang bercerita velgnya pecah depan belakang sewaktu menghantam lobang sewaktu morning riding.

Sewaktu mendengar cerita ini, saya cukup kaget karena yang besangkutkan tidak mengalami kecelakaan atau terjatuh dari motor. Sebenarnya cerita ini sudah cukup lama, tapi pagi hari ini ketika membuka facebook, saya mendapati cerita yang sama menimpa pengguna Suzuki Inazuma di grup.

Seperti yang kita lihat, menurut ybs velgnya pecah setelah menghajar balok, dan yang pecah pun velg belakangnya. Kejadian velg bisa pecah seperti ini memang ada banyak kemungkinan, mungkin karena kurang angin pada saat kejadian, atau mungkin juga menghantam lobang yang cukup dalam. Tapi, tidak seharusnya kejadian sampai seperti ini, karena ini bukan velg full magnesiun atau carbon yang biasa digunakan untuk balapan di sirkuit.

Sebenarnya saya pribadi pernah mengalami hal yang sama, hanya saja tidak sampai pecah. Velg sedikit peang di bibirnya. Waktu itu saya beranggapan karena pemakaian ban profil 60 yang tipis mungkin menjadi penyebabnya. Seketika itu velg saya press dan ganti dengan profil 70.

Memang sampai saat ini velg depan belakang saya masih aman belum pernah pecah (jangan sampai dan amit2 deh). Seingat saya masih ada 2-3 kasus yang menimpa velg Suzuki Inazuma. Mungkin pihak Suzuki bisa melakukan ivenstigasi mengenai velg Inazuma ini?

Banyak dari pemilik Suzuki Inazuma yang mengganti velg depan belakangnya dengan Suzuki Bandit 400 yang diyakini lebih kuat dan lebih ringan meskipun ukurannya sama.

Jadi..apakah ada yang salah dengan velg Suzuki Inazuma?

Regards,

AKG

2 comments:

  1. Quality nya harus di improve nih...

    ReplyDelete
  2. yup betul sekali...mudah2an ini jadi perhatian kedepannya oleh pihak Suzuki

    ReplyDelete