Tuesday 22 December 2015

MODIFIKASI INAZUMA : Footstep racing (Underbone) di Suzuki Inazuma GW250

Suzuki Inazuma GW250 memiliki footstep yang designnya berbeda dari motor lainnya. Wajar karena motor ini merupakan motor sport touring, bukan motor sport. Footstep yang membuat kaki nyaman, minim getara, tetapi mahal harga sparepartnya.

Disini saya berkonsultasi dengan om Welly dari Kharisma Motor yang bengkelnya pernah dibahas di artikel terpisah. Bisa diakalin untuk memasangkan footstep motor lain ke Inazuma, tentunya dengan menggunakan bracket.

Memang diluar negeri sana ada yang buat, merknya Agras, tapi ketika harganya di konversi ke IDR, harganya mencapai 7jtan.. 




Setelah berkonsultasi, akhirnya saya memilih untuk menggunakan footstep standar Ninja 250 ketimbang menggunakan footstep underbone merk 3rd party. Selain kualitas yang lebih baik tentunya, harganya pun lebih murah.

Footstep ini tidak menggeser extreme, hanya beberapa cm saja, dan bisa diubah ke posisi standar kalau kita mau. Tinggal copot dan pindahkan ke lubang lain yang sudah disediakan.




Berikut adalah foto setelah jadi. Memang bracketnya tidak serapih bubutan cnc, tapi cukup lah untuk menopang kaki.

Selain itu, saya memutuskan untuk mengganti footstep seperti ini adalah karena harga sparepart Inazuma yang mahal. Tidak masuk akal untuk sebuah karet step harganya Rp. 152.900. Dudukan karetnya Rp. 209.900,-. Belum lagi ditambah harga untuk sebuah tuas rem belakang menurut harga price list adalah Rp. 1.389.200,-


Dan untuk sebuah tuas gigi harganya Rp. 460.900,-. Sungguh tidak masuk akal buat saya. Sedangkan harga 1 set footstep ninja 250 kiri kanan bekas saya tebus dengan harga Rp. 500.000,- an lengkap tinggal pasang. Harga barunya sekitar Rp. 1jtan kalau menurut website Kawasaki. 

Saya yang hobi cornering merasa terancam apabila ada sesuatu yang menimpa saya ketika riding yang merusak footstep saya. 

Dengan ubahan seperti ini, memang master rem harus menggunakan Ninja punya, saya pun memilih master rem belakang KTC. 

Hasilnya? puas deh miring2nya... :)

Salam,

AKG

8 comments:

  1. bro..gw baru bli inazuma..kumpulnya dmn sih bro..sndirian nih gw

    ReplyDelete
    Replies
    1. bro domisili dimana? silahkan join grup fb ION

      Delete
  2. kk arpin....masih adakah yang jual footstep ninjanya? klo pakai master std yg dudukannya dicustom bisa ga?

    ReplyDelete
  3. banyak di fb/kaskus dd adhie #pedahalsegedegabanorangnya
    teralu banyak ubahan, klo mo di stdin lagi malah jadi PR klo pake master std...

    ReplyDelete
  4. Fb ion udah jadi kuburan..adminnya kabur

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih ada kan? masih banyak yang posting..

      Delete