Saturday 1 December 2018

Nyentul... apa aja sih yang harus disiapkan

Hi gaes...

Setelah lama vakum, akhirnya punya topik soal motor2an nih..
Beberapa waktu belakangan ini banyak yang nanya ke saya apa aja sih yang perlu disiapkan buat nyentul?



Perlu di ketahui, saya lebih mendukung kebut2an di closed track atau sirkuit..

Kenapa? bukannya resikonya tinggi?
Yup..resiko selalu ada, tapi di sirkuit atau closed track, kita bisa meminimalkan resiko2 yang unpredictable.

Back to topic, kayanya yang ini saya cerita di cerita berikutnya aja deh.

OK... jadi yang perlu disiapkan adalah MOTORnya.. dan RIDERnya...


MOTOR.. apa aja sih yang perlu di upgrade?
Saya salah satu orang yang percaya great power without good handling is nothing.
Handling disini tentunya BAN, SHOCK, REM.

Gak perlu untuk nyentul, di jalan raya aja 3 hal itu paling penting..  Diluar BENSIN ya tentunya.

Ban.. sekarang ini ban slick lokal cukup terjangkau apabila dibanding dengan ban sport import. Harga ban slick lokal bisa setengahnya ban import loh...

Shock..gunakan shock yang bisa di atur preload dan reboundnya.. sukur2 kalau lengkap ada compressionnya juga.. untuk shock depan, bisa di modif di bagian sulingnya dan gunakan oli yang kental untuk memperlambat reboundnya.

Rem.. gunakan kampas rem yang baik.. jangan asal kampas rem saja..karena rem dipastikan akan panas di sentul ini. Tentunya kita tidak mau ndlosor ke gravel kan karena rem blong.

Nah... dari sini kalian bebas apa yang mau di upgrade...
Knalpot?
ECU? Piggyback?
Kompresi?
Bore up? stroke up?
dll dll...
Tinggal disesuaikan dengan budget.

Nanti akan saya bahas modif minimalis motor saya.. di cerita berikutnya ya.



RIDER.. 
Apa harus wearpack, sepatu tinggi dan sarung tangan panjang?
Well... kalau memang memungkinkan ya kenapa tidak.. bagaimana pun safety gear itu investasi.

Bagaimana kalau pakai decker (pelindung lutut) dan jaket berprotektor?
Selama ini saya nyentul saya selalu ketemu yang seperti ini.. jadi ya bisa2 saja. KECUALI untuk race ya... pasti harus musti mutlak pakai wearpack dan perlengkapan pendukung lainnya.

Bagaimana dengan jeans + decker?
Duh..kalau bisa jangan deh.. jeans itu paling cepet rusak ketika bergesekan dengan aspal.
Jeans yang khusus untuk motor pun ada lapisan kevlarnya di balik jeansnya.

Apakah sepatu harus tinggi?
Tidak harus, tapi kalau memungkinkan lebih baik lagi.

Apakah sarung tangan harus panjang?
Tidak juga...

Sentul adalah sebuah sirkuit, dimana hampir pasti kita akan memacu motor kita semaksimal mungkin, makanya kita berikan perlindungan yang lebih ke badan kita ini.

Banyak koq perlengkapan2 lokal yang bisa di dapatkan online sekarang ini.. dari sepatu tinggi untuk race.. gloves panjang untuk race...

Oh iya..sebisa mungkin glovesnya kulit ya. Karena mesh atau kain cenderung sobek ketika kita jatuh.


Ini adalah foto pertama kali saya nyentul..perlengkapan masih seadanya..
Jaket Dainese
Celana touring contin
Sepatu RS Taichi
Gloves leather Dainese


Karena saya merasa fun di Sentul, kedua kali nyentul saya udah lebih siap..
Sepatu tinggi dainese
Gloves panjang leather dainese
Wearpack lokal kulit sintetis.

Kenapa itu semua perlu? 
KARENA SHIT HAPPEN..

Kita dianugerahi otak untuk mikir, pakailah otak itu untuk memikirkan resiko2 yang mungkin bisa terjadi di sentul...
Dari situ kita bisa mengidentifikasi apa saja yang bisa kita lakukan untuk meminimalisir resiko2 tersebut...

Jangan kita teralu hemat di awal tapi buang duit banyak / rugi banyak di akhir.

Ketika kita bicara wearpack... kita disini dihadapkan ke :
- Wearpack kulit sintetis lokal
- Wearpack kulit asli lokal
- Wearpack import.

Kulit sintetis tentunya paling murah...saya sendiri menggunakan wearpack ini karena saya hanya untuk fun2 saja. Kalau niatnya untuk balap, atau ada budget lebih, belilah kulit asli yang lokal.

Range harganya untuk kulit sintetis itu 1.5jtan, kulit asli lokal 5-6jt++... dan wearpack import 8jt++

Kiri wearpack Ardians, Kanan wearpack kulit sintetis lokal.

Sepatu, sarung tangan, helm belilah yang mumpuni untuk melindungi badan kita.
Gak perlu yang mahal koq..tapi sesuai peruntukannya saja.

Contoh :
Sepatu jangan pakai sepatu olahraga... bahan sepatu olah raga dan untuk naik motor beda jauh...
Kenapa minimal semata kaki? karena ketika shit happen, saya yakin sepatu makin tinggi makin susah copot.

Gloves juga jangan pakai yang mesh... gunakan yang leather dan berprotektor...

Silahkan komen kalau masih ada yang kurang jelas :)

Regards,

pistonfork


No comments:

Post a Comment