Thursday 5 March 2015

Pentingnya riding gear buat tubuh kita.

Beberapa waktu yang lalu sempat dapet video dari wall temen tentang berapa berharganya badan kita jika dibandingkan dengan biaya yang harus kita keluarkan untuk riding gear kita.

Silahkan dinikmati videonya...




Untuk berkendara di Indonesia mungkin tidak teralu perlu riding gear yang sangat lengkap. Paling tidak yang penting itu Helm, Jaket, Sepatu dan Sarung Tangan.

Helm : Gunakanlah helm yang ber SNI. Ya, SNI beneran yah, bukan yang SNI abal2. Berinvestasilah di helm yang lebih berkualitas, karena biar bagaimana pun kepala kita jauh lebih mahal dan berharga dari uang yang kita keluarkan untuk beli helm.

Jangan lupa memakai pengunci ketika menggunakan helm untuk mencegah helm terlempar ketika kita mengalami kecelakaan.

Dulu saya pernah memiliki sebuah helm yang kalau kita pencet saja, busanya sangat lembek, dan ketika di tekan berasa ada ujung sekrup untuk pengait helm. Bayangin kalau saya mengalami benturan, ujung sekrup pasti sudah nempel di kepala saya.

Helm yang baik sekitar 400 ribuan, tapi kalau kepala kita ada apa2, bayangkan berapa banyak kita akan mengalami kerugian.

Jaket : Jaket tentunya untuk melindungi badan kita dari terpaan angin. Selain itu, apabila kita terjatuh, jaket akan melindungi badan kita dari kontak langsung dengan aspal / benda lainnya. Pilihlah jaket yang memiliki proteksi yang baik, siku, pundak, punggung.. Karena tulang2 di daerah persendian cukup riskan kalau sudah terjadi kecelakaan.

Dulu saya pernah mengalami kecelakaan, kebetulan pas engga pakai jaket. Apa yang terjadi? Saya jatuh dari motor, menimpa motor, dan dada saya kena stang motor hingga luka. Hasilnya 30 jahitan. Itu termasuk beruntung karena luka tidak kena ke paru2. 

Sarung tangan : Sarung tangan bukan hanya melindungi dari kotoran, tapi bayangkan kalau kita mengalami kecelakaan tanpa sarung tangan, hasilnya daging ditangan kita bisa nempel semua di aspal. Seberapa berharganya tangan kita? Sangat berharga. Kehilangan 1 ruas jari saja sudah melebihi dari 1 pasang sarung tangan yang baik.

Sepatu : Sama fungsinya seperti sarung tangan. Bayangkan kalau kaki kita kena panas mesin, melepuh, berapa biaya yang harus kita keluarkan untuk ke dokter?

Bayangkan kalau kaki kita dilindas mobil.
Bayangkan kalau kita mengalami kecelakaan yang mengakibatkan kita terseret di jalan, tanpa sepatu, saya yakin kaki kita akan luka.

Sepatu yang baik disarankan diatas mata kaki, tujuannya untuk melindungi mata kaki kita kalau sampai kita kecelakaan. Patah tulang masih lebih baik dibandingkan persendian kita hancur.

Perlengkapan berkendara ini hanya proteksi awal untuk diri kita sendiri. Tentunya kita harus mengenal kendaraan kita, medan yang akan kita lalui, konsentrasi dan safety riding.

Salam,

AKG

No comments:

Post a Comment