Thursday 12 March 2015

MODIFIKASI INAZUMA : Loud pipe saves lives

Ya itu adalah kesimpulan saya tentang knalpot motor.

Setelah setahun berkeliaran dengan knalpot racing, akhirnya kemarin saya kembali menggunakan knalpot original. Memang ada sensasi tersendiri menggunakan knalpot original, selain torsi dan power yang merata di semua rpm, tenaga yang keluar pun berasa lebih terhambat. Tentunya tidak bersuara sama sekali. Ketika di rpm tinggi pun yang terdengar hanya raungan mesin saja.





Bongkar pasang sendiri, dan tentunya settingan menyesuaikan dengan knalpot original lagi supaya tidak teralu basah.



Jujur selama menggunakan knalpot racing, memang ada perasaan tidak betah ketika suara yang keluar berisik, memang bisa diatasi dengan db killer, tapi ketika menggunakan knalpot original, lebih tidak betah lagi. Terlebih dengan kebiasaan biker di Jakarta yang tidak peka dengan situasi sekitar.

Pagi ini short riding dari rumah ke kantor sekitar 10km, banyak sekali biker lainnya tidak menyadari ada saya di dekat mereka. Lampu utama sudah saya nyalakan, biasanya pakai lampu kecil saja tidak masalah. Begitu pula dengan mobil, mereka lebih tidak aware dengan keadaan saya.

Beberapa kali terjadi ketika saya hendak mendahului mereka dari sebelah kanan, mereka malah berpindah jalur ke sebelah kanan. Ketika saya klakson mereka seolah tidak acuh dengan tanda dari saya.

Begitu pula ketika berbelok, saya sudah berusaha untuk berada di jalur yang sama (sebelah kanan) dan berusaha mengikuti jalur dengan tidak berpindah2 jalur. Tapi ada saja motor yang memotong jalur saya ketika berbelok dibawah Semanggi. Ketika di klakson, dia tidak peduli sama sekali.

Ketika di jalan lurus, saya hendak menyusul motor di depan saya, tapi dia berada di tengah jalur, saya memberikan klakson pendek 2 kali, tapi dia hanya melihat spion lalu melanjutkan berkendara pelan di tengah jalur.

Sangat disayangkan bahwa menurut saya perilaku seperti itu rawan menyebabkan kecelakaan di jalan raya. Saya sendiri akhirnya lebih banyak membunyikan klakson dan rem mendadak untuk menghindari kecelakaan akibat pengendara lain.

Memang terkesan saya egois ingin di mengerti, tapi saya yakin banyak biker yang merasakan apa yang saya rasakan.

Salam,

AKG

No comments:

Post a Comment