Wednesday 8 April 2015

Pembersihan ruang bakar (Infus) untuk sepeda motor

Seiring dengan berjalannya waktu, pasti di ruang bakar akan menumpuk sisa2 dari pembakaran, yang lama kelamaan akan menjadi kerak..yang tentunya akan menurunkan performa motor kesayangan kita.

Dulu biasanya kita harus bongkar ruang pembakaran (blok atas dan seher) yang biasa disebut servis besar. Yang kemudian setiap partnya kita bersihkan. Sekarang kita bisa melakukannya lebih mudah dengan infus.

Waktu yang kita butuhkan untuk melakukan infus dan servis besar sangatlah jauh. Infus jauh lebih singkat, paling lama 1-1.5 jam, sudah termasuk bongkar pasang. Bayangkan kalau servis besar butuh waktu seharian, plus dengan motor multi silinder yang waktu pengerjaannya bisa berkali lipat.


Kebetulan temen pemilik Digioto di Jalan Panjang, Jakarta Barat menawarkan untuk membersihkan ruang bakar dengan cara ini, ya sudah kebetulan Jumat kemarin libur, merapat lah kesana karena dekat rumah.

Sesuai penjelasan dari sang empunya bengkel...

"Oke jadi infus itu, merupakan memasukkan cairan khusus melalui fuel rail dan melewati injector untuk sampai ke ruang bakar, cairan tersebut sudah diracik khusus oleh wurth sendri sehingga aman untuk ring seher ataupun catalyzer "

"Awalnya dari fuel rail masuk ke injector (membersihkan injector) trus mmebersihkan klep in, dan karena cairan ini flameable jadi ntar akan ledak di bagian mesin sehingga kerak2 ikut kebakar "

Kebetulan sebelumnya temen pengguna Ninja 250fi yang setiap hari pindah planet, melakukan pembedahan dengan cara infus ini, testimoni dari dia memang motor jauh lebih enak, bahkan lebih enak ketika baru turun dari dealer...memang yang ini agak lebay komentarnya..

Lanjut....

Singat cerita bongkar tangki, filter udara dan kotaknya, karena semua part tersebut akan dibersihkan.
- Filter udara
- Throttle body
- Infus ruang bakar

Beda motor akan beda cara pelaksanaannya, di Inazuma, ECU harus mendeteksi tangki bensin supaya mesin mau hidup, lain halnya dengan Kawasaki Ninja.


Yang pertama dilakukan adalah membersihkan filter udara, kebetulan filter udara saya sudah menggunakan merk JFC, dan saya membersihkan filter tersebut dengan  K&N recharger. Saya akan bahas secara terpisah untuk ini.


Langkah selanjutkan membersihkan throttle body, meskipun bensin saya rutin Shell V-Power, tetap saja throttle body kotor. Hal ini sangat terlihat ketika dibersihkan, kotorannya rontok semua.



Setelah membersihkan throttle body, barulah infus berjalan kurang lebih 15 menit-an. Motor dibiarkan menyala dengan menyedot cairan infusnya.


Maap fotonya tangki masih belum terpasang

Setelah selesai infus, memasang kembali part2 yang tadi di bongkar, saya melakukan pengetesan. Hasilnya belum begitu berasa, motor masih agak brebet yang disinyalir karena filter udara masih sedikit basah akibat pembersihan dengan K&N recharger tadi. Memang sudah di wanti2 oleh penjualnya untuk memastikan filter udara kering sebelum memasang kembali di motor, kalau tidak akan brebet.

Baru ketika keesokan harinya, perubahan sangat terasa cukup signifikan, biasanya ketika boncengan motor cenderung agak ngegerung dan berat, setelah infus dilakukan, tarikan motor jauh lebih ringan, memang secara top speed tidak bertambah, tapi perubahan di torsi cukup memuaskan saya.

Kesimpulan : Untuk sepeda motor yang sudah menginjak 10.000km, ada baiknya melakukan infus untuk membersihkan ruang bakar. Terlebih apabila trayek melalui medan berat yang sangat kotor. Saya sendiri melakukannya di km 15.000 karena baru sempetnya kemarin...

Buat yang tertarik, langsung aja hubungin ke :

Digioto
Jl.arteri kelapa dua no.b46
0838 705 29123
2A515908

Salam,

AKG

2 comments:

  1. Biaya yang dihabiskan untuk infus nya berapa bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biayanya tiap motor beda2..langsung contact aja ke bengkelnya bro..

      Delete