Motor ini motor yang gagal di jamannya, kalah pamor dengan Honda Tiger. Ini motor yang dibelikan orang tua untuk menunjang kuliah saya. Awalnya, motor apa yah ini? Engga tau, engga kenal. Jujur, dulu taunya cuma Honda Tiger dan Kawasaki Ninja.
Bertahun-tahun pakai, mulai jatuh cinta, hingga saat ini. Motor ini penjualannya dulu tidak begitu bagus. Bayangkan saja, model jadul, velg jari-jari, sparepart mahal, susah di dapat, dll. Jika dibandingkan dengan Honda Tiger yang dulu sudah memakai velg CW dengan harga yang tidak terpaut jauh dari Thunder 250.
Disuntik mati sekitar taun 2006, sampai sekarang harga Thunder 250 di Indonesia makin tidak jelas. Dalam artian, ketika kita menemukan Thunder 250 yang mulus, orisinil, dijamin harganya ga bakalan masuk akal, dan siap-siap saja merasakan sensasi naik Thunder 250 yaitu di setop di tengah jalan, trus ditawar motornya.
Buat saya pribadi, motor ini menemani saya selama 12 tahun, 2002-2014. Lalu beralih ke Suzuki Inazuma yang lebih muda. Ketika Thunder 250 dijual, ada rasa sayang harus berpisah sama motor ini, tapi kalau ga dijual cuma bakal berkarat di garasi.
Akhirnya, selang berapa lama Thunder 250 saya dijual, saya meminang Thunder 250 lagi. Kangen suara dentuman mesinnya, perasaan ditarik ketika selongsong gas di putar, Riding position yang santai, dll.
Banyak yang nanya sama saya sejak dulu kala, apa saya ga takut sparepartnya habis/tidak diproduksi lagi? Karena ketika masih di produksi saya motornya, sparepartnya sudah susah.
Jangan salah, mesin Thunder 250 itu mesin global, diluar negeri masih ada mesin Thunder 250. Hanya saya tipe motornya berbeda. GZ250 kalau tidak salah.
Untuk kesulitan sparepart, di daerah Cinere ada 1 bengkel khusus untuk Thunder 250. Kita bisa cari sparepart apa saja disitu. Kalau tidak ready, bisa pesen koq.
Harga sparepartnya mahal?
Ya..memang mahal, tapi banyak alternatifnya koq. Meskipun mahal, tapi sparepart Thunder 250 awet-awet. Rata-rata sparepartnya bertahan hingga 4 tahun..
Bandingkan saja dengan merk sebelah, banyak keluhan kopling baru ganti sudah hangus, gir set baru ganti rantai sudah melar, gir sudah bengkok, dll. Thunder 250 saya ganti kopling hampir 4 tahun sekali seinget saya, mungkin lebih. atau singkat cerita 88rb km, 2x ganti kampas kopling. Rantai keteng pun 4 tahunan umurnya, gir set juga sama sekitar 4 tahunan.
Yang paling cepet rusak adalah shockbreaker belakang. Shock ini sebenernya bagus, hanya saja saya yang berat jadi shocknya cepet empuk. Tapi bound dan reboundnya sih memang mantap ini shock.
Motor ini bahkan sekarang mendapatkan predikat motor gagal..ya..motor gagal dimiliki oleh banyak orang. Bukan gimana-gimana, selain populasinya memang sedikit, banyak dari motor ini sudah di mutilasi.
Makanya, jangan aneh kalau denger cerita lagi naik motor, di pepet oleh mobil, pengemudi mobil turun dan meminta maaf.. "maaf pak, motornya saya tawar XX juta dijual ga?" atau di lampu merah, pom bensin, di tengah kemacetan ditanya "Thunder 125 koq mesinnya gede?".
Solidaritas antar pengguna Thunder 250 yang solid pun cukup baik. Coba deh ketemu sesama pengguna Thunder 250, rata-rata kenal..atau pasti ada salam tetotnya.. :)
Disini saya bukan pengen bikin harga Thunder 250 lebih mahal lagi..tapi sekedar curhat saja.. :)
Salam,
AKG
Iya...benar spt yg aq alami.
ReplyDeleteSpare Part Awet.
Iya...benar spt yg aq alami.
ReplyDeleteSpare Part Awet.
Mohon info lokasi bengkel yg jual spare part thunder 250. Trims
ReplyDeletebisa menghubungi kharisma motor di cinere, jakarta selatan.
Deletecontact : 26E64B84 / 021-93132641
Om ada yang jual t250 custom japstyle dgn harga 5jt apakah itu wajar om?
DeleteKata dia si mesin aman dan tidak ada minus tolong penjelasannya om..
tks infonya....sy baru meminang Thunder 2004...
ReplyDeletetks infonya....sy baru meminang Thunder 2004...
ReplyDeletesaya juga pake thunder 250
ReplyDeleteThunder 250 tahun 2002 sdh nemenin saya 4 tahun ini
ReplyDeleteyes bro..saya pakai T250 12 tahun..
DeleteSensasi motor rare item ..terbayar kan..
ReplyDeleteBeli sparepart manipol karbu dimana yah , untuk thunder gsx 250 ??? Butuh sekali
ReplyDeletedi cinere...di FB cari Welly Bong
DeleteBeli sparepart manipol karbu dimana yah , untuk thunder gsx 250 ??? Butuh sekali
ReplyDeletecek di group thunder 250 lengkap infonya
DeleteViva thunder 250 !!!
ReplyDeleteYou not alone brothers!
Agustus tahun ini(2017) thunder ane genap 17 tahun brothers! Meskipun udah karat disana-sini, rantai & girr juga blm pernah ganti selama ini & rembes dimn-2 ane tetep setia sama ini motor! Kenangannya terlalu indah untuk dilupakan begitu saja! Bahkan setiker "thunder club" pun masih nempel erat dislebor belakang.
nice brother...saya sudah pensiun pakai Thunder 250 sejak 3 tahun yang lalu..kondisi garasi gak memungkinkan nyimpen 1 motor lagi, pedahal masih pengen keep ini motor..
DeleteKalau untuk as shock depan harga nya brp yah kira", motor idaman shock karatan , walaupun sudah tua motor ini tetap ingin cantik
ReplyDeleteceritanya persis yg saya alami...saya sudah 3 kali di stop orang...mas mau dijual motornya...hahahaha...sampai skrg motornya masih saya pake
ReplyDeleteAbang saya punya thunder 250. Kondisi sudah mati total karena pernah kerendam banjir & tidak langsung diperbaiki. Jadi sekarang ngendok aja dirumah. Plat s/d 2015 udah mati belum urus. Mungkin kalau ada yang mau bayarin atau punya kenalan yang mau bayarin, bisa hub saya: Indra (081381837914). Maaf pinjam blog utk jual barang.. namanya usaha..
ReplyDeleteGan dinamo starter T250 ane rusak kira2 bisa pakai dinamo apa ya? Karena susah nyari sperpart nyaa?
ReplyDeletePunya motor ini ,,siap siap aja ribut sama istri di rumah
ReplyDeleteKalau tarikan gas motor t250 ini brebet pas jalan itu masalah dari apanya ya?
ReplyDeletePunya motor ini siap siap aja ribut sama istri ..he..he.
ReplyDelete