Tuesday 27 January 2015

Ketika Yamaha bersinggungan dengan Honda dan Kawasaki. Suzuki tetap adem ayem..

Setelah kehebohan skutik baru Yamaha NMAX yang akan bersaing dengan PCX, akhirnya harga jual NMAX terkuak sudah. Cukup dengan 27.4jt sudah bisa bawa pulang NMAX, cukup jauh dengan harga PCX. Memang kemungkinan besar akibat NMAX diprosuksi di dalam negeri dan PCX masih di import dari Vietnam.

Bukan kali ini Honda terpukul oleh Yamaha, di awali oleh R15 yang memukul telak CBR 150 CBU, diikuti oleh R25 yang memukul telak kembali CBR 250. Dimana harga jual R15 yang terpaut begitu jauh disbanding CBR 150 CBU, yang memaksa Honda mengeluarkan CBR 150 lokal. Diikuti oleh R25 yang secara spesifikasi diatas Kawasaki Ninja 250fi dan CBR 250.









Harga jual, menurut saya menjadi poin yang penting untuk konsumen dalam menentukan pilihan barang apapun yang akan dia beli. Harga jual disini akan dibandingkan dengan apa saja yang konsumen dapatkan dalam segi fitur, spesifikasi teknis, dll.

Kemudian ada after sales service yang tidak kalah penting. Konsumen akan berpikir apakah kendaraan / barang yang dibelinya memiliki kemudahan ketika ada masalah? Apakah memiliki daya jual kembali yang tinggi? Apakah sparepartnya mahal? Apakah ketersediaan sparepartnya sulit? Seberapa baik kualitas sparepartnya?

Sepertinya dalam hal ini Yamaha menang telak atas Honda, Kawasaki dan Suzuki. Melihat banyaknya peminat atas R25 dan R15. Melokalkan CBR 150 pun tidak bisa membendung penjualan R15. Di daerah domisili saya dan kantor, saya lebih banyak menemukan Yamaha R15 dibanding dengan CBR 150 lokal.

Harga Sparepart : Tadi sempat iseng melihat harga sparepart R25 dan CBR 250, sepertinya tidak begitu mahal. Kesimpulan saya soal harga sparepart adalah Suzuki yang paling parah dengan Suzuki Inazuma. Kawasaki memang mahal, tapi saya yakin Suzuki lebih mahal untuk kelas 250cc nya.

Bengkel Resmi : Saya tidak memiliki jumlah bengkel resmi yang bisa handle R25 dan CBR 250, tapi saya cukup yakin jumlahnya banyak jika dibandingkan Kawasaki.

Merk : Honda, Yamaha merupakan market leader untuk penjualan sepeda motor di Indonesia. Kawasaki dan Suzuki di belakangnya. Tapi untuk 4 merk diatas, tidak perlu diragukan lagi eksistensinya di tanah air.

Saya masih teringat peristiwa Bajaj Auto Indonesia ketika hengkang dari Indonesia. Apapun alasannya, saya melihat penjualan Bajaj tidak lah seburuk motor yang lain. Tapi mengapa mereka hengkang begitu saja? Bahkan motor cina / lokal saja bisa bertahan di Indonesia CMIIW.

Fitur2 : ketika R15 muncul, publik di hebohkan dengan swing arm banana yang berbahan alumuniumnya, berbeda dengan kompetitornya yang masih mengandalkan swing arm biasa. Ini poin yang menurut saya menarik minat konsumen.

Menyinggung soal swing arm banana, teringat akan motor gagal Suzuki dahulu, Suzuki FXR. Muncul dengan design sport, half fairing, swing arm banana, speedometer full digital. Sayangnya dia muncul di masa ketika orang masih menggemari motor touring, terbukti Tiger 2000 lah jawaranya. 
 Sekarang? Saya berharap menemukan motor ini dengan harga murah sepertinya mustahil. Akhirnya masih menjadi motor gagal buat saya..gagal saya miliki.




Mesinnya sekarang diturunkan ke penerusnya, Suzuki Satria FU dengan spek down dari Suzuki FXR, kalau tidak salah di karbu dan kompresinya.

Harga Jual : Disini harga jualnya cukup bersaing antara Kawasaki, Yamaha dan Honda. Kemunculan CBR 250 dual keen eyes yang dimajukan, tidak bisa membendung antusiasme public kepada Yamaha R25. Dibuktikan selang beberapa hari setelah di luncurkan, CBR 250 dual keen eyes langsung ada potongan diskon.

Ketika Honda pede dengan penjualan CBR 150 CBU yang angkanya menyentuk 40jtan, R15 datang menggebrak dengan harga terpaut 12jt. Yup, hanya dengan 28jt sudah bisa bawa motor sport, full fairing, 150cc, swing arm banana. Kemudian Honda terpaksa melokalkan CBR 150nya yang harga penjualannya menyerupai R15 dengan keunggulan mesin DOHCnya.

Pelokalan CBR 150 ini membuat pemilik CBR 150 CBU mencaci maki Honda. Bagaimana tidak, rider CBR 150 CBU seperti tertipu mentah2 oleh Honda.

Kali ini PCX 150 menjadi sasaran empuk Yamaha. Selang berapa lama PCX 150 diluncurkan, peminat PCX 150 begitu membludak. Konon antriannya sampai 6 bulan! Yamaha muncul dengan NMAX, skutik yang di produksi di dalam negri dengan harga 27.4jt. Kondisi ini cukup membuat sahabat blogger melepas PCX 150 nya yang baru di pinang. Semoga cepat laku bro J



Suzuki? Suzuki masih adem ayem dengan Satria FU, meskipun ancaman dari Honda yang akan melahirkan Sonic, dan Yamaha dengan MX King, yang keduanya sudah menggunakan teknologi injeksi sedangkan Satria FU masih karburator. Kita lihat saja persaingan berikutnya.


Saya bukan Fans Boy Yamaha, bukan juga Fans Boy Honda, apalagi Kawasaki. Saya hanya penikmat motor Suzuki.

Salam,

AKG




No comments:

Post a Comment