Setelah kehebohan skutik baru Yamaha NMAX yang akan bersaing
dengan PCX, akhirnya harga jual NMAX terkuak sudah. Cukup dengan 27.4jt sudah
bisa bawa pulang NMAX, cukup jauh dengan harga PCX. Memang kemungkinan besar
akibat NMAX diprosuksi di dalam negeri dan PCX masih di import dari Vietnam.
Bukan kali ini Honda terpukul oleh Yamaha, di awali oleh R15
yang memukul telak CBR 150 CBU, diikuti oleh R25 yang memukul telak kembali CBR
250. Dimana harga jual R15 yang terpaut begitu jauh disbanding CBR 150 CBU, yang
memaksa Honda mengeluarkan CBR 150 lokal. Diikuti oleh R25 yang secara
spesifikasi diatas Kawasaki Ninja 250fi dan CBR 250.
Harga jual, menurut saya menjadi poin yang penting untuk
konsumen dalam menentukan pilihan barang apapun yang akan dia beli. Harga jual
disini akan dibandingkan dengan apa saja yang konsumen dapatkan dalam segi
fitur, spesifikasi teknis, dll.
Kemudian ada after sales service yang tidak kalah penting.
Konsumen akan berpikir apakah kendaraan / barang yang dibelinya memiliki
kemudahan ketika ada masalah? Apakah memiliki daya jual kembali yang tinggi?
Apakah sparepartnya mahal? Apakah ketersediaan sparepartnya sulit? Seberapa
baik kualitas sparepartnya?
Sepertinya dalam hal ini Yamaha menang telak atas Honda,
Kawasaki dan Suzuki. Melihat banyaknya peminat atas R25 dan R15. Melokalkan CBR
150 pun tidak bisa membendung penjualan R15. Di daerah domisili saya dan
kantor, saya lebih banyak menemukan Yamaha R15 dibanding dengan CBR 150 lokal.
Harga Sparepart : Tadi
sempat iseng melihat harga sparepart R25 dan CBR 250, sepertinya tidak begitu
mahal. Kesimpulan saya soal harga sparepart adalah Suzuki yang paling parah
dengan Suzuki Inazuma. Kawasaki memang mahal, tapi saya yakin Suzuki lebih
mahal untuk kelas 250cc nya.
Bengkel Resmi :
Saya tidak memiliki jumlah bengkel resmi yang bisa handle R25 dan CBR 250, tapi
saya cukup yakin jumlahnya banyak jika dibandingkan Kawasaki.
Merk : Honda,
Yamaha merupakan market leader untuk penjualan sepeda motor di Indonesia.
Kawasaki dan Suzuki di belakangnya. Tapi untuk 4 merk diatas, tidak perlu
diragukan lagi eksistensinya di tanah air.
Saya masih teringat peristiwa Bajaj Auto Indonesia ketika
hengkang dari Indonesia. Apapun alasannya, saya melihat penjualan Bajaj tidak lah
seburuk motor yang lain. Tapi mengapa mereka hengkang begitu saja? Bahkan motor
cina / lokal saja bisa bertahan di Indonesia CMIIW.
Fitur2 : ketika
R15 muncul, publik di hebohkan dengan swing arm banana yang berbahan alumuniumnya,
berbeda dengan kompetitornya yang masih mengandalkan swing arm biasa. Ini poin
yang menurut saya menarik minat konsumen.
Menyinggung soal swing arm banana, teringat akan motor gagal
Suzuki dahulu, Suzuki FXR. Muncul dengan design sport, half fairing, swing arm
banana, speedometer full digital. Sayangnya dia muncul di masa ketika orang
masih menggemari motor touring, terbukti Tiger 2000 lah jawaranya.
Sekarang? Saya berharap menemukan motor ini
dengan harga murah sepertinya mustahil. Akhirnya masih menjadi motor gagal buat
saya..gagal saya miliki.
Mesinnya sekarang diturunkan ke penerusnya, Suzuki Satria FU
dengan spek down dari Suzuki FXR, kalau tidak salah di karbu dan kompresinya.
Harga Jual :
Disini harga jualnya cukup bersaing antara Kawasaki, Yamaha dan Honda.
Kemunculan CBR 250 dual keen eyes yang dimajukan, tidak bisa membendung
antusiasme public kepada Yamaha R25. Dibuktikan selang beberapa hari setelah di
luncurkan, CBR 250 dual keen eyes langsung ada potongan diskon.
Ketika Honda pede dengan penjualan CBR 150 CBU yang angkanya
menyentuk 40jtan, R15 datang menggebrak dengan harga terpaut 12jt. Yup, hanya
dengan 28jt sudah bisa bawa motor sport, full fairing, 150cc, swing arm banana.
Kemudian Honda terpaksa melokalkan CBR 150nya yang harga penjualannya
menyerupai R15 dengan keunggulan mesin DOHCnya.
Pelokalan CBR 150 ini membuat pemilik CBR 150 CBU mencaci
maki Honda. Bagaimana tidak, rider CBR 150 CBU seperti tertipu mentah2 oleh
Honda.
Kali ini PCX 150 menjadi sasaran empuk Yamaha. Selang berapa
lama PCX 150 diluncurkan, peminat PCX 150 begitu membludak. Konon antriannya
sampai 6 bulan! Yamaha muncul dengan NMAX, skutik yang di produksi di dalam
negri dengan harga 27.4jt. Kondisi ini cukup membuat sahabat blogger melepas
PCX 150 nya yang baru di pinang. Semoga cepat laku bro J
Suzuki? Suzuki masih adem ayem dengan Satria FU, meskipun
ancaman dari Honda yang akan melahirkan Sonic, dan Yamaha dengan MX King, yang
keduanya sudah menggunakan teknologi injeksi sedangkan Satria FU masih
karburator. Kita lihat saja persaingan berikutnya.
Saya bukan Fans Boy Yamaha, bukan juga Fans Boy Honda,
apalagi Kawasaki. Saya hanya penikmat motor Suzuki.
Salam,
AKG
No comments:
Post a Comment