Tuesday 13 January 2015

MODIFIKASI INAZUMA : Ixil Xtrem Suzuki Inazuma

Akhirnya setelah sekian lama mengharapkan knalpot fullsistem racikan pabrikan (bukan custom), kesampain juga menebus knalpot Ixil Xtrem khusus untuk Inazuma. Warna silencernya yang hitam memberikan kesan menyatu dengan body Inazuma saya yang Hitam.





Knalpot ini fullsistem dengan konfigurasi 2-1. First impression ketika terima paket, wah ternyata ringan juga yah knalpot ini, tapi jika dibandingkan dengan Akrapovic ER6 masih lebih ringan jauh si Akrapovic.. Ironis benar, silencer jauh lebih besar tapi berat jauh lebih ringan Akrapovic, cuma harga saja yang terpaut jauh.

Karena ga sabar penasaran sama suaranya, pulang kantor langsung bongkar knalpot lama, pasang knalpot baru. Tidak ada kesulitan ketika memasang header. Kesulitan baru terasa ketika mencoba memasang bracket silencer. Karena ukurannya sangat pas ditambah karet, proses pemasangan memakan waktu dan tenaga yang cukup banyak. Cukup buat bikin saya makan 2 bungkus indomie.

Beres pasang header..silencer..02 sensor, akhirnya mesin dinyalakan. Mmmm..suaranya lebih garing dibanding Avionic, tapi tetap tidak pecah.

Yang bikin saya penasaran adalah meskipun sebelumnya saya menggunakan header berkonfigurasi 2-1, tapi pertemuan kedua pipa Avionic berada di depan, sedangkan header Ixil bertemunya ditengah, persis sebelah footstep depan. Sama seperti header Screaming Demon dan Over Racing.



Setelah di tes jalan, ternyata Ixil memberikan power yang smooth dari rpm bawah hingga atas. Berbeda dengan header Avionic yang cenderung galak di rpm bawah. Cuma belum sempat tes top speednya. Hanya saja, nafas motor terasa lebih panjang dengan Ixil.

Secara tenaga, lebih menyentak Avionic dibanding Ixil, mungkin karena konfigurasi header yang berbeda antara Avionic dan Ixil. 

Kesimpulannya adalah kedua knalpot memiliki keunggulan yang berbeda. Sesuaikan dengan kondisi riding anda.

Rencananya saya akan membuat header dengan konfigurasi yang sama dengan Ixil untuk dipasangkan silencer Avionic supaya tau perbedaannya..

Berikut penampakannya :




Salam,

AKG

1 comment:

  1. bro knalpot yang paling cocok untuk inazuma merk apa ya? untuk dongkrak putaran atas? sama ixil extrem berapa ya harganya?

    ReplyDelete